9 Amalan Utama di Bulan Dzulhijjah

Tidak ada hari yang paling agung dan amat dicintai Allah untuk berbuat kebajikan di dalamnya daripada sepuluh hari (Dzulhijjah) ini. Demikian sabda nabi.

Dengan nama Allah yang Maha Pengaih Lagi  Maha Penyayang

Tahukah Anda sahabat saat ini kita sudah memasuki penghujung bulan Dzulqoidah. Emangnya kenapa? Artinya kita sebentar lagi memasuki bulan dzulhijjah. Ada apa di bulan dzulhijjah? Silahkan baca : Ada apa dengan Dzulhijjah?

Sahabat, tahukah kita bahwa dari tanggal 1-10 Dzulhijjah plus hari tasyrik adalah hari-hari yang sangat dicintai Allah. Tiada hari yang bisa mengalahkannya kecuali 10 hari terakhir di bulan suci romadhan. So? Amalan yang dikerjakan saat itu sangat berharga di sisi Allah.

“Imam Ahmad, rahimahullah, meriwayatkan dari Umar Radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Tidak ada hari yang paling agung dan amat dicintai Allah untuk berbuat kebajikan di dalamnya daripada sepuluh hari (Dzulhijjah) ini. Maka perbanyaklah pada saat itu tahlil, takbir dan tahmid”.

Saya ingin ajukan satu pertanyaan, biasanya para pebisnis yang bisa jawab. Kira-kira kapan prospek terbaik yang bisa menghasilkan omset yang sangat besar? 1, 2, 3, waktu habis. Benar sekali, prospek itu terkait dengan momen. Artinya waktu, tempat, tampilan amal, pelaku itu sangat menentukan besar kecilnya nilai sebuah amalan di sisi Allah. Salah satu contoh, apakah sama orang yang sholat di masjid biasa dengan sholat di masjidil haram mekkah? Tentu sangat berbeda.

Tahukah Anda, bahwa amalan di 10 hari pertama bulan dzulhijjah bahkan bisa mengalahkan jihad, kecuali orang yang keluar berjihad dengan jiwa dan hartanya kemudian tidak kembali lagi. Artinya ia syahid (wafat).

 Diriwayatkan oleh Al-Bukhari, rahimahullah, dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhuma bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yaitu : Sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah. Mereka bertanya : Ya Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah ?. Beliau menjawab : Tidak juga jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun”.


Apa saja 9 amalan utama di 10 hari awal bulan Dzulhijjah?

1. Haji dan Umroh.
Kita doakan semoga saudara kita yang sedang menunaikan ibadah haji dan umroh diberikan kekuatan, petunjuk dan hidayah oleh Allah agar bisa membawa perubahan setelah pulang dari tanah suci. Baik untuk dirinya sendiri, keluarga, dan bangsa ini.

Tapi, saya kan tidak berhaji tahun ini, tenang. Allah buka kesempatan amalan yang kedua yaitu,

2. Puasa Sunnah
Amalan kedua yang bisa kita lakukan adalah puasa sunnah 10 hari bulan dzulhijjah terutama saat hari Arofah (tanggal 9 Dzulhijjah).

 “Berpuasa pada hari Arafah karena mengharap pahala dari Allah melebur dosa-dosa setahun sebelum dan sesudahnya”. (HR. Muslim)

3. Dizkir kepada Allah
Sahabat, amalan ketika yang bisa kita lakukan adalah perbanyak berdzikir kepada Allah. Sebagaimana firman Allah Ta’ala.

“…. dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari-hari yang telah ditentukan …”. ( Q.S. Al-Hajj : 28).

Menurut mufassir yang dimaksud dalam ayat ini adalah 10 hari di bulan dzulhijjah. Oleh karena itu, para ulama menganjurkan memperbanyak dzikir pada saat itu. Dzikir apa? Salah satunya,

“Dua kalimat yang ringan di lisan, namun berat ditimbangan, dan disukai Ar Rahman yaitu “Subhanallah wa bi hamdih, subhanallahil ‘azhim” (Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya. Maha Suci Allah Yang Maha Agung). (HR. Bukhari no. 6682 dan Muslim no. 2694)

4.  Taubat serta meninggalkan segala maksiat dan dosa.
Sahabat, setiap kita punya masa lalu. Setiap orang juga memiliki kesempatan mendapatkan masa depan yang cerah jika ia mau kembali kepada Allah. Mari kita bersegera memohon ampunan kepada Allah.

Sahabat, kita bisa jalan tenang hari ini karena aib kita sedang ditutup oleh Allah. Walau dosa yang baru saja kita lakukan. Jika apa yang kita lakukan disingkap oleh Allah tentu kita tidak akan mampu berjalan di tengah-tengah manusia.

“Sesungguhnya Allah itu cemburu, dan kecemburuan Allah itu manakala seorang hamba melakukan apa yang diharamkan Allah terhadapnya” (HR. Muttafaqun ‘Alaihi)

Baca juga: Lima Langkah Kunci Kembali Kepada Allah.

5. Perbanyak amalan sunnah.
Apa saja? Sholat, baca Al-Qur’an, sedekah, membantu tetangga yang sedang membutuhkan pertolongan. Berdoa di hari arofah. Walaupun kita tidak menunaikan ibadah haji. Gunakan waktu sebaik-baiknya pada hari arofah dengan berdoa untuk kehidupan kita di dunia dan kehidupan abadi di akhirat.

Baca juga: Keutamaan dan Kedudukan Berinfak di Jalan Allah

6. Takbir
Ada dua jenis takbir. Pertama, takbir Mutlak yang dilakukan saat khutbah. Kedua, takbir muqoyyad yang dilaksanakan bada sholat dzuhur- waktu ashar hari tasyrik (tanggal 13 Bulan Dzulhijjah).

7. Sholat Id


8. Mendengarkan Khutbah.
Bagi  yang berhalangan (anak gadis) para orang tua hendaknya menghimbau anaknya untuk datang mendengarkan khutbah walaupun duduk di beranda masjid/ lapangan.

9. Menyembelih hewan Qurban.
Yang memiliki keleluasaan harta bisa menyembelih hewan kurban, walaupun satu kambing untuk satu keluarga.

Yuk kita jualan bareng-bareng.  Semoga kegundahan sahabat, yang memiliki hajat baik, yang sedang gigih meraih impiannya, Allah berikan yang terbaik. Manfaatkan momen ini sebaik-baiknya ya. Tinggal 2 hari lagi loh. Persiapkan diri ya.

Semoga Allah berikan kita taufiq dan petunjukNya agar kita selalu berada di jalan yang Allah ridhoi. 

Photo Credit: imcnews

Jakarta, 29 Dzulqoidah 1438 H.


Ringkasan Pengajian Rabu Bada Maghrib di Masjid Fattahillah Bulak Rantai.

Komentar

  1. “PERBANYAKLAH MEMBACA TAHLIL (LAA ILAAHA ILLALLAH), TAKBIR DAN TAHMID PADA 10 HARI PERTAMA BULAN DZULHIJJAH INI.” (HR. Ahmad dan dishahihkan Ahmad Syakir)

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima Kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi. Saya memberi hormat atas dedikasi dan komitmen Anda untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Saya menantikan suatu waktu untuk dapat berjumpa dengan Anda suatu hari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...