Rabu, 24 Januari 2018

Bagaimana Membangun Karakter

Character means doing the right thing and doing our best work “even when no one is looking

Untukmu yang sedang gigih membangun kehidupan yang cemberlang, menata diri dan keluarga untuk saling membersamai menjalani kehidupan yang indah dan penuh tantangan.

Sahabat, setiap kesuksesan pribadi dibangun di atas dasar karakter, pertanyaannya darimana karakter berasal? karakter adalah hasil dari ratusan dan ratusan keputusan yang Anda buat yang secara bertahap, pada akhirnya keputusan mengubah siapa Anda pada saat tertentu ke dalam diri Anda yang Anda inginkan. Jika proses pengambilan keputusan itu tidak ada, Anda tetap akan menjadi seseorang-Anda akan tetap hidup-tapi Anda mungkin memiliki kepribadian dan bukan karakter, dan bagi saya itu adalah sesuatu yang sangat berbeda.

Banyak anggapan di tengah-tengah masyarakat, bahwa karakter adalah sesuatu yang susah diubah. Biasanya mereka akan berkata, “karakternya sudah begitu, susah diubah. Dari dulu kebiasaannya tidak pernah berubah”. Benarkah demikian?

Karakter bukan sesuatu yang Anda lahir dengan dan tidak bisa berubah, seperti sidik jari Anda, jenis kelamin (hanya ada 2 ya, laki-laki dan perempuan). Itu merupakan takdir yang Allah tetapkan, akan tetapi karakter Itu adalah sesuatu yang menjadi tanggung jawab Anda  untuk membentuknya. Anda membangun karakter dengan bagaimana Anda menanggapi apa yang terjadi dalam hidup Anda.

Bukankah, di dalam satu keluarga misalnya, orang tua yang memiliki beberapa orang Anak, tetapi mengapa hasilnya seringkali berbeda? Semuanya tentu, bermula dari cara pandang yang berbeda dari setiap anak. Karena dalam hidup ini, kita tidak selalu dapat mengontrol hasil. Tapi, yang pasti dapat kita kontrol adalah prosesnya, cara kita menanggapi, merespon, dan melakukan sesuatu ketika kejadian itu sedang berlangsung.

Anda membangun karakter dari kualitas tertentu yang harus Anda ciptakan dan konsistensi yang terjadi dalam diri Anda, sama seperti Anda menanam dan menanam benih atau mengumpulkan kayu untuk membangun api unggun. Anda harus mencari hal-hal itu di dalam hati Anda. Apa yang penting bagi saya? Apa yang tidak penting? Apa yang harus saya lakukan untuk mencapai tujuan saya? Apa yang bisa menjauhkan saya dari tujuan saya? Karakter apa yang harus saya miliki? Bagaimana caranya? Mengapa? Anda harus pahat untuk menemukannya, seperti memahat batu untuk menciptakan patung yang sebelumnya hanya ada dalam pikiran Anda.

Tapi hal yang sangat menakjubkan tentang karakter adalah bahwa, jika Anda dengan tulus berkomitmen untuk menjadikan diri Anda sebagai orang yang Anda inginkan, Anda tidak hanya akan menciptakan kualitas itu, Anda akan memperkuatnya dan menciptakannya kembali dalam jumlah besar, bahkan seperti gambar yang telah Anda buat setiap hari dalam hidup Anda. Itulah mengapa membangun karakter Anda sangat penting, untuk menjadi semua yang Anda bisa lakukan hari ini.

Sahabat, ada kata-kata bijak dari orang terdahulu yang mengatakan “belajarlah dari pengalaman”. Kehidupan selau memberi pelajaran berharga bagi para pemerannya. Selalu melahirkan pengalaman baru yang tidak pernah terduga sebelumnya, apalagi di era distruption saat ini.  baca dan renungilah doa yang diajarkan oleh Nabi Shalaullahhu ‘alaihi wassalam kepada putrinya fatimah untuk selalu diucapkan pada setiap pagi dan petang,
يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ أَبَدًا

Sumber : https://rumaysho.com/11790-dzikir-dan-doa-dengan-ya-hayyu-ya-qayyum.html
يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ أَبَدًا

Sumber : https://rumaysho.com/11790-dzikir-dan-doa-dengan-ya-hayyu-ya-qayyum.html


يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ أَبَدًا


“Ya hayyu ya qoyyum bi rahmatika astaghiits, wa ash-lihlii sya’nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin abadan [artinya: Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata tanpa mendapat pertolongan dari-Mu selamanya]. (HR. An-Nasa'i)

Doa di atas adalah kata kuncinya untuk membangun karakter. Pada akhirnya, Allah lah yang Maha membolak-balikkan hati, Maha Menyembuhkan penyakit yang ada di dalam dada manusia, mengubah benci menjadi cinta, Allah jua yang Maha Menghidupkan dan Mematikan. 

Jika Hati manusia sudah hidup dan terang bendernga, maka ia akan mudah mengubah dirinya bukan sebab kepintarannya. Tapi, Allah lah yang akan menuntunnya, mempertemukannya dengan orang-orang baik, menggerakkan hatinya untuk selalu mengingat-NYa.

Hidup tidak semudah yang kita kira, tapi juga tidak sesulit yang kita bayangkan. Yakinlah Allah, Sang Pemilik Kehidupan senantiasa melihat, menilai, dan pasti memberi balasan dari setiap usahamu untuk memperbaiki diri. Tidak ada kata tidak mungkin, tidak ada kata terlambat.



Jakarta, 7 Jumadil Awal 1439 H
@riosaputranew

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi. Saya memberi hormat atas dedikasi dan komitmen Anda untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Saya menantikan suatu waktu untuk dapat berjumpa dengan Anda suatu hari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...