Kamis, 19 April 2018

Amalan Kecil dan Bermanfaat, Agar Dunia Mengejarmu


Daripada sibuk mengejar dunia, lebih baik sibuk mengejar Allah. Sehingga Dunia yang akan sibuk mengejar-ngejar kita.

Tarikan dunia inilah salah satu faktor yang membuat seseorang gagal untuk berhijrah. Makanya kita seharusnya selalu meminta perlindungan kepada Allah agar dunia tidak menarik kita sampai menjerumuskan kita kepada kelalaian.

Sehingga kita jauh dari cahaya iman dan takwa. Jauh dari rahmat dan cinta Allah. Oleh karena itu, penting sekali untuk membekali generasi muda mulai dari sangat dini untuk mengenal Rabbnya dengan baik. Karena faktanya, orang dewasa banyak yang terseret arus deras dunia. Akhirnya, mengabaikan penciptanya.

Lalu solusinya apa?

Sebenarnya, jika kita konsisten dan fokus taat kepada Allah saja. Ada banyak sekali keajaiban akan datang dalam kehidupan kita. Karena mendekat kepada Allah berarti kita mendekat kepada sumber energi. Ketika seseorang mendekat kepada sumber energi, maka ia akan selalu bersemangat untuk memberikan nilai tambah dan mengisi kehidupan di dunia dengan berbagai hal yang positif. Dari sanalah, dunia akan datang kepadanya.

Sepuluh tahun yang lalu, guru saya pernah mengajarkan salah satu doa. Yang harus saya amalkan hingga saat ini. Alhamdulillah, pagi ini saya mendapatkan penjelasan makna dan manfaat dari doa yang beliau ajarkan.

Diriwayatkan bahwa seorang Sahabat mengeluh kepada Rasulullah dan berkata : "Ya Rasulallah, kenapa dunia seolah-olah tidak menginginkanku, semua usahaku bangkrut, peternakan dan pertaniankupun selalu gagal panen.? Sambil tersenyum Nabi Muhammad mengajarkan tentang tasbihnya para Malaikat serta tasbihnya penghuni alam semesta yaitu kalimat :

سبحان الله وبحمده سبحان الله العظيم واستغفر الله

SUBHANALLOHI WA BIHAMDIHI SUBHANALLOHIL'ADZIM WASTAGHFIRULLAH

Lalu Nabi bersabda : "Bacalah 100 kali sebelum terbit Fajar. Maka dunia akan memohon kepada الله agar engkau miliki (mengejarmu tanpa kau mengejarnya)"

Selang beberapa bulan kemudian, sahabat tadi kembali lagi dan bercerita : Ya Rasulallah sekarang aku bingung dengan hartaku kemana harus aku letakkan hasil usaha dan peternakanku karena banyaknya" (Diriwayatkan oleh Alkhatib Al Baghdadi dari Imam Malik Rahimahullah, Dikutip dari Kitab : أبواب الفرج  oleh Prof. Dr. Sayyid Muhammad bin Alwi Al Maliki Rahimahullah)

Semua latihan ini butuh pembuktian dan jam terbang. Ingat, berikan selalu nilai tambah bagi kehidupan di sekitarmu dan selalu awali harimu dengan senantiasa mendekat kepada-Nya. inilah Ritual morning yang harus kita jaga setiap pagi.

Bukankah Dunia dan alam semesta ini kepunyaan Allah? Lalu, kenapa engkau ragu?

Semoga Allah memberkahi harimu saudaraku.

Tulisan terkait: Agar Rezeki yang Mencarimu, Bukan Kau yang Mencarinya

Photo Credit: purposespeaks.com

Jakarta, 3 Syaban 1439 H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi. Saya memberi hormat atas dedikasi dan komitmen Anda untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Saya menantikan suatu waktu untuk dapat berjumpa dengan Anda suatu hari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...