Jumat, 29 Juni 2018

Siklus Hidup


Jenis Soal dalam Ujian Hidup yang ALLah subhanahu wata’ala  sodorkan kepada setiap hambaNya itu cuma 2 saja, yaitu Énak dan Ènèg. Adapun skalanya, berbeda-beda sesuai dengan kapasitas pihak yang diuji.

Sedangkan yang dinilai dari kita ada 3, yaitu Niat, Cara menjalaninya dan Respon saat kita mendapatkan jenis soal-soal itu. Saat menjalani respon dari suatu peristiwa maka akan dinilai lagi niat dan caranya. Ketika suatu cara yang dijalani menghasilkan peristiwa (enak/eneg), disitu respon kita ditunggu lagi untuk dinilai lagi.

Begitulah terus siklus kehidupan hingga berakhirnya waktu yang dijatahkan. 

Senang atau duka tidak perlu berlebihan, cukup sewajarnya saja. Dan tidak berlarut lama, cukup terkejut saja. Sebentar saja waktunya. Yang terpenting selalu syukur dan sabar dalam segala keadaan.

Semoga kita selalu dalam ridho-Nya, apapun jenis perputaran hari-hari yg kita jumpai.

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ۗ وَنَبْلُوكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً ۖ وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ

Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Dan Kami akan menguji kalian dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan hanya kepada Kami kalian semua akan dikembalikan.

-Surat Al-Anbiya', Ayat 35


وَتِلْكَ الْأَيَّامُ نُدَاوِلُهَا بَيْنَ النَّاسِ وَلِيَعْلَمَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا وَيَتَّخِذَ مِنْكُمْ شُهَدَاءَ ۗ وَاللَّهُ لَا يُحِبُّ الظَّالِمِينَ

Dan itulah hari-hari Kami pergilirkan di antara manusia (agar mereka mendapat pelajaran), dan agar Allah membedakan orang-orang yang beriman (dengan orang-orang kafir) dan agar sebagian kamu dijadikan-Nya (gugur sebagai) syuhada. Dan Allah tidak menyukai orang-orang zhalim,

-Surat Ali 'Imran, Ayat 140

Photo credit: dananaryo

1 komentar:

  1. betul mas, perjalanan hidup tak selalu selamanya enak tp juga adakalanya eneg, dan semoga yg eneg bisa dibawa jadi enak dengan bersyukur.

    BalasHapus

Terima Kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi. Saya memberi hormat atas dedikasi dan komitmen Anda untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Saya menantikan suatu waktu untuk dapat berjumpa dengan Anda suatu hari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...