Senin, 26 Agustus 2019

Indonesia di tahun 2045 dalam revolusi industri 4.0

Tulisan ini sebenarnya adalah sambungan dari tulisan terdahulu. Baca: Perubahan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0

Menurut hasil bacaan dan pengamatan saya, sebenarnya tidak perlu menunggu sampai 2045 akan terjadi perubaan yang sangat radikal dalam kehidupan manusia.

Teknologi masa depan justru akan menganti pengelolaan database terpusat di satu server menjadi database tersebar di ribuan server.

Setiap data terinput akan terekam abadi tanpa bisa diubah. kecuali ia bisa meng-hack 51% dari ribuan server yang tersebar tersebut. Cara ini memaksa yang terlibat hanya akan memposting data credible. jika salah ia akan dikenal sebagai penipu selamanya.

Manfaat Blokchain dan dampaknya bagi Indonesia.

Segala data tersaji- karena credible- akan punya value yang tinggi. Semua Open Source tertransparansi 100%. Transaksi ekonomi berlangsung tanpa ada penipuan dan aman, tanpa perlu membawa uang cash, penyelenggaraan pemerintahan dan organisasi berlangsung transparan. Pemungutan suara dapat dilakukan tanpa manipulasi. Pelayanan kepada masyarakat menjadi terbuka, cepat, dan tepat.

Segala macam ilmu yang credible bisa diakses dengan mudah. Pasar akan menjadi efisien dan efektif. ini lebih dahsyat dari era distruption (pengerusakan) yang sekarang berlangsung. Hampir semua interaksi bisa dipermudah dengan agency cost mendekati nol. Terupdate dari detik ke detik tanpa jeda, tanpa istirahat.

Ini baru era yang tidak bisa ditolak.

Menutup seluruh pendapat saya di atas, artinya ada satu kekuatan manusia yang di atas kecerdasan yang tidak pernah bisa dilawan oleh mesin. Yaitu, sumber energi jiwa (Soul). Karena mesin yang tanpa nyawa hanya akan berkerja di wilayah rasional. Gelombang spritualitas adalah kekuatan di atas kekuatan yang harus menjadi kekuatan manusia. Khususnya umat islam sebagai masyarakat mayoritas di negeri ini. Jika umat ini baik, maka akan memberikan impact kepada umat yang lain, kehidupan berbangsa, bernegara, dan dunia.

Semoga bermanfaat dan menjadi renungan kita bersama.

Photo Credit: benankmerah

Jakarta, 18 Muharom 1440 H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi. Saya memberi hormat atas dedikasi dan komitmen Anda untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Saya menantikan suatu waktu untuk dapat berjumpa dengan Anda suatu hari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...