Sabtu, 26 Oktober 2019

Apa yang Harus Kita Lakukan?


Mengurusi urusan orang banyak tentu bukan perkara yang mudah, tapi bukan hal yang rumit jika kita tahu caranya. Apalagi orang-orang itu berada dalam sebuah organisasi yang besar.

Saya sering mendapatkan pertanyaan dari tim, bagaimana cara kita menggerakkan orang untuk melaksanakan penjaminan mutu di masing-masing unit? Kita harus mulai dari mana? Pelatihan sudah sering kita berikan, tapi belum ada hasilnya.

Banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang serupa ditanyakan oleh rekan-rekan saya. Semuanya mengeluhkan kenapa banyak orang yang belum bergerak melakukan perubahan?

Saya hanya menjawab, apakah sudah dilakukan pendampingan? Tetapkan unit yang akan dijadikan sebagai projek percontohan, berikan pendampingan maksimal. Semoga akan tampak hasilnya. 

It is not enough to tell your people what to do; you must also show them. Because people do what people see. Are you willing to do what you’re asking your people to do?

Pelajaran penting yang saya ambil dari dialog itu, ternyata kita seringkali memberitahukan kepada orang-orang apa yang harus dilakukan. Tapi sedikit yang mampu menunjukkan secara langsung bagaimana sesuatu itu dikerjakan secara baik dan maksimal.

Apakah Anda bersedia melakukan, apa yang Anda minta orang lain lakukan?

Leader give their best to their people, and Leaders get the best from their people

Tugas seorang pemimpin adalah memberikan yang terbaik kepada timnya, dan pemimpin akan mendapatkan yang terbaik dari timnya.

Jadilah model dari sesuatu yang ingin Anda lihat. pemimpin yang hanya memfokuskan kepada bisnis, biasanya akan kehilangan orang dan bisnisnya. Tetapi, pemimpin yang fokus kepada orang-orangnya, biasanya membangun orang dan bisnis.

Bengkulu, 27 Safar 1441 H
@riosaputranew

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi. Saya memberi hormat atas dedikasi dan komitmen Anda untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Saya menantikan suatu waktu untuk dapat berjumpa dengan Anda suatu hari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...