Kamis, 07 November 2019

UM Bengkulu Gelar Seminar Hasil Program Hibah Penugasan Dosen ke Sekolah (PDS)


Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Bengkulu menggelar Seminar Hasil  Program Hibah Penugasan Dosen ke Sekolah (PDS) yang berlangsung di Gedung FKIP UMB Kampus 1, Selasa, 5 November 2019.

Kegiatan seminar hasil PDS ini dibuka langsung oleh Dekan FKIP UM Bengkulu Drs. Santoso, M.Si. dan dihadiri oleh Ketua Prodi di lingkungan UM Bengkulu, dosen, dan guru dari perwakilan sekolah mitra.

“Kegiatan program hibah PDS yang diperoleh FKIP UM Bengkulu ini semoga memberikan banyak manfaat, tidak hanya bagi tim pelaksana hibah namun juga bermanfaat bagi dosen-dosen dan sekolah-sekolah  mitra. FKIP UM Bengkulu berharap program PDS ini dapat dilanjutkan kembali tahun depan, dan dapat diperluas jumlah dosen dan sekolah yang terlibat. Selain itu diharapkan juga ke depannya akan lebih banyak lagi hibah-hibah pembelajaran yang diperoleh.” Tutur Santoso.

Dr. Risnanosanti, M.Pd. sebagai ketua tim PDS mengungkapkan “Dengan adanya program PDS ini dosen yang turun langsung mengajar di sekolah mendapatkan pengalaman serta dapat mengevaluasi diri terkait kelebihan dan kelemahan dalam proses pembelajaran. Sehingga adanya kolaborasi dosen dan guru dapat menghasilkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran.”

Dalam kegiatan PDS tahun 2019 ini diperoleh 5 perangkat pembelajaran inovatif hasil kolaborasi dosen dan guru-guru mitra, 5 perangkat pembelajaran inovatif dari dosen-dosen yang mengimplementasikan hasil PDS tahun sebelumnya. Selain perangkat pembelajaran, juga dihasilkan 12 artikel ilmiah baik yang akan dipresentasikan dalam kegiatan seminar nasional maupun yang dipublikasikan pada jurnal-jurnal nasional dan internasional, 10 buah poster hasil penelitian/pembelajaran, serta 5 buah produk pembelajaran yang akan diajukan HKI nya.     

UM Bengkulu pada tahun 2019 untuk kedua kalinya mendapat kepercayaan dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) Kementerian Riset dan Tehnologi menyelenggarakan program Hibah Penugasan Dosen ke Sekolah (PDS). Program PDS yang dilaksanakan adalah program PDS Tipe B, yaitu pelaksanaan program PDS di sekolah-sekolah mitra dan implementasi hasil PDS tahun 2018 di lingkungan UMB. Program PDS ini dimulai pada bulan Juli 2019. Sekolah-sekolah mitra yang terlibat adalah SMA IT IQRA Kota Bengkulu, SMP Negeri 18 Kota Bengkulu dan SDIT IQRA 2 Kota Bengkulu.

“Program penugasan dosen ke sekolah ini merupakan suatu kegiatan yang dapat menjadi jembatan bagi perguruan tinggi dan pihak sekolah. Dosen dari UM Bengkulu belajar mengenai kondisi riil di lapangan sehingga dapat menularkannya pada mahasiswa FKIP UM Bengkulu sebagai calon-calon guru. Sedangkan pihak sekolah juga belajar dari pada dosen mengenai teori-teori pembelajaran yang ada sehingga dapat diterapkan yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dalam program PDS ini dikembangkan model kolaboratif dan saling berbagi antara guru dan dosen. Untuk implementasi kegiatan PDS di FKIP UM Bengkulu, dilakukan oleh dosen-dosen yang pada tahun 2018 telah melakukan kegiatan PDS di sekolah mitra. Implementasi ini bertujuan agar para dosen dapat menularkan pengalamannya selama ber PDS di sekolah kepada mahasiswa calon guru.” Tutur Risnanosanti

Seminar hasil ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh keberhasilan dan kendala-kendala yang dihadapi oleh dosen dalam melaksanakan program PDS dilakukan kegiatan seminar hasil PDS dan implementasinya. Dalam seminar hasil ini, dosen-dosen dan guru mitra  memaparkan hasil dari kegiatan PDS baik yang dilaksanakan di sekolah maupun di kampus UM Bengkulu.

Kegiatan PDS tahun 2019 ini dilakasnakan oleh 10 orang dosen yaitu: Mardiah Syofiana, M.Pd dan Ria Anggraini, M.Hum ditugaskan di SMP Negeri 18 Kota Bengkulu, Paryanto, M.Pd dan Dr. Ira Yuniarti, M.Pd di SMAIT IQRA Kota Bengkulu dan Selvi Riwayati, M.Pd di SDIT IQRA 2 Kota Bengkulu. Sedangkan dosen-dosen implementasi PDS di FKIP UMB adalah Dr. Dian Susyla, M.Pd, Dr. Irwandi, M.Pd, Dr. Elyusra, M.Pd, Drs. Adi Asmara, M.Pd dan Dra. Erwani Yusuf, M.Si.

Bengkulu, 10 Rabiul Awwal 1441 H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi. Saya memberi hormat atas dedikasi dan komitmen Anda untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Saya menantikan suatu waktu untuk dapat berjumpa dengan Anda suatu hari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...