Rabu, 05 Agustus 2020

Cara Agar Manusia Tidak Tergantikan oleh Robot

Dunia telah memasuki suatu masa dimana banyak pekerjaan bisa dilakukan oleh robot. Sistem otomatisasi ini jelas mengancam jutaan lapangan pekerjaan yang selama ini diisi manusia.

 Sebagai orang tua, pemerhati pendidikan tentu kita menghawatirkan keberlangsungan generasi SDM kita di masa depan.

 Jika saat ini kita sering merisaukan banjirnya tenaga asing yang membanjiri Indonesia, bagaimana jika di masa depan persaingan itu tidak hanya dengan manusia tapi dengan robot.

 Saat mengisi Webinar Nasional yang diselenggarakan oleh Sekolah Pascasarjana (SPs) UHAMKA. Ada satu pertanyaan menarik yang ditanyakan oleh peserta. Seandainya Robot bisa mengantikan aktivitas manusia, apa yang harus dilakukan agar peran manusia tidak tergantikan  oleh Robot?


 Anehnya manusia yang menciptakan robot ingin menjadikan robotnya seperti manusia, tapi manusia tanpa sadar berubah layaknya robot.

 Pendidikan tinggi saja tidak cukup, manusia yang berkerja dengan usaha sendiri dan lebih mengedepankan inspirasi diprediksi lebih mampu bertahan dari gempuran tenaga kerja robot. Selain itu, menjadi pribadi yang unik, kreatif, dan orisinil akan membantu manusia.

 Pesan untuk generasi di masa depan agar menemukan playing field nya, know where to compete, mengetahui ia terbaik di bidang apa dan raih hasil terbaik dari pertandingan yang kita merasa bisa menaklukkan.

Kapan kita bisa menemukannya? Nah itu lah pentingnya bergaul, berani mencoba hal baru, diskusi dengan kawan dan mau memeulai sebuah rencana.

Dalam video kali ini, ada satu kata kunci yang merupakan kekuatan manusia dan tidak dimiliki oleh robot. Apa itu? Simak penjelasan selengkapnya.

Baca juga: Perubahan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih telah singgah! Semoga kita segera berjumpa lagi. Saya memberi hormat atas dedikasi dan komitmen Anda untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Saya menantikan suatu waktu untuk dapat berjumpa dengan Anda suatu hari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...